Manfaat dan Fungsi Root pada Handphone Android

Posted by

http://diandroids.blogspot.com
Artikel pertama ini, kita akan membahas berita inti tentang teknologi Android yaitu Kegunaan, Manfaat, dan Fungsi Root pada Handphone Android. Sebelum melanjutkan, anda perlu memahami dahulu pengertian dari Root itu sendiri seperti apa. Root adalah Sebuah sistem account sebagai Administrator yang memberikan hak akses penuh kepada pengguna Android yang ingin masuk ke dalam program inti dari operating system tersebut untuk mengakses, insert, update, delete, atau modifikasi data semua file dalam bentuk command.

Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone perangkat Android kita. Nge-root artinya ngehack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut, jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya bukan manajemen program / aplikasi.

Sedangkan, Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Anda mungkin membaca panduan ini karena Anda telah mendengar atau membaca tentang rooting dan sekarang Anda ingin tahu apa itu 'rooting', sebenarnya berarti dan mengapa Anda harus repot-repot pergi melalui proses rooting secara keseluruhan. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan apakah rooting pada perangkat Android Anda itu berarti dan berguna, serta mengapa hal itu begitu mengagumkan untuk melakukannya.

Apa 'Rooting perangkat Android' benar-benar berarti?

Jadi, singkatnya, rooting ponsel Android atau tablet berarti memberi diri 'root', atau hak admin. Ini berarti bahwa Anda dapat mengedit file sistem yang biasanya tidak akan dapat diakses oleh pengguna normal. Apa artinya? Nah, itu berarti bahwa Anda atau aplikasi lain yang hanya bekerja pada perangkat berakar, dapat mengakses dan mengubah hal-hal seperti flash kamera, mengedit background sms, penggunaan kontak telpon, lampu pemberitahuan dan banyak hal lainnya.

Anda pada dasarnya akan meruntuhkan dinding pembatasan firmware Anda. Hal ini mirip dengan jailbreaking perangkat Apple atau berubah dari user biasa ke administrator pada mesin OS Windows.
custom root android

Untuk penjelasan lebih rinci, juga tentang semua istilah rooting, lihat panduan rooting kami yang luas. Karena banyak sekali yang bertanya serta memiliki berbagai macam masalah root yang membuat stuck pengguna.

Apakah rooting membatalkan garansi?

Dengan melakukan proses rooting itu berarti membatalkan, menghilangkan, atau menghapus garansi. Itu fakta. Hal yang sama dengan jailbreaking perangkat Apple. Tapi untungnya, itu tidak sulit untuk melakukan "un-root" perangkat dan flash ROM saham atau produsen disediakan ROM ke ponsel pada situs resmi pabrikan. Setelah melakukan hal itu, perangkat Anda tidak akan menunjukkan tanda-tanda bahwa itu digunakan untuk status root, sehingga membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan klaim garansi kembali.

Manfaat rooting ponsel Android atau tablet

Memiliki hak admin membuka banyak kemungkinan baru untuk menyesuaikan perangkat Anda dan meningkatkan pengalaman Android Anda. Daftar berikut mencakup keuntungan utama memiliki perangkat root.
1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser
Ya, Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android.
2. Dapat Meningkatkan Performance dan Kinerja Ponsel
Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi “Failure/Failed”. Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Mount2SD.
4. Lebih Mengatahui Inti Sistem Android
Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri. 

5. Membuat backup lengkap di perangkat Anda
Anda dapat dengan mudah mengelola semua data pribadi dan penting anda. Kamu bisa menyimpan file-file seperti musik, video, data kontak, setting dan pengaturan, aplikasi yang terinstall, dll ke dalam sd card eksternal atau ke pc komputer. Cukup dengan menginstall Samsung Kies serta menyambungkan perangkat handphone ke komputer, anda dapat dengan mudah, lengkap, dan cepat memindahkan data istimewa.
Saya kira cukup itu saja penjelasan dari Diandroids seputar pengertian dan fungsi root pada HP android, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman untuk menentukan pilihan apakah HP android kalian harus di root? untuk tutorial cara root hp android, akan saya usahakan hadir dipostingan yang akan datang berikutnya !


Blog, Updated at: Sunday, July 06, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Untuk Teman-teman yang ingin berkomentar. Ditunggu :)

Search This Blog

Artikel Terbaru

Popular Posts

Translate

Pengikut

Powered by Blogger.