Cara Menghapus Auto Backup Gallery dan Mematikan Sinkronisasi Google+ di Android

Posted by

Awalnya saya terkejut dengan banyaknya memori terpakai di Gallery photos di tablet Android. Ternyata Auto Backup Gallery adalah penyebab masalah ini karena secara otomatis fitur dari Google+ dan Picasa ini akan membuat simpan file video dan photo yang membuat berat kinerja tablet atau ponsel pintar kita.

auto backup gallery album picasa

Dengan menggunakan aplikasi Google+ dan mendownload Picasa Apps di Playstore maka setiap kali kamu foto dengan kamera akan membuat auto backup otomatis ke cloud system. Oleh karena itu, kamu perlu mematikan sinkronisasi akun google+ dan menonaktifkan autobackup album web picasa sync ini. Bagaimana caranya? Mari ikuti tutorial android berikut ini ya teman-teman.

Memang secara default Google+ photos hanya akan membackup semua file dari Gallery ketika handphone sedang terhubung dengan jaringan Internet WiFi, selain itu semua foto dan video yang di upload otomatis masuk ke leyanan cloud Google+. Semua foto termasuk yang private juga akan dibagikan ke google+ circle di akun gmail anda. Cara Memindahkan aplikasi yang terinstall di android juga bisa sobat baca.

Tetapi, bagi yang sering membuat foto selfie dan video dengan Camera Zoom Fx, tentu hal ini juga bisa menjadi masalah jika semuanya terupload, karena di lingkaran dunia maya apapun bisa terjadi. Mulai dari poto pribadi yang diambil orang atau foto disalah gunakan dan diedit. Jadi bagi yang tidak menginginkan auto backup Google+, maka solusinya ialah dengan cara menonaktifkan fitur tersebut di tutorial ini.

Langkah 1 : Mematikan Fitur Auto Backup Photos di akun Google+

1. Jalankan aplikasi Google+ di Android, kemudian pergi ke “Menu > Settings > Auto Backup”, lalu ubah pengaturan auto backup dengan menggeser ke kiri pilihannya ke posisi “Off” dengan disentuh.
cara menghapus auto backup gallery

2. Kamu bisa memastikan fitur auto backup apakah telah di matikan atau belum, caranya lanjutkan kembali dengan melakukan setting terhadap akun google anda yaitu :

  • Tutup aplikasi Google+ kemudian masuk ke halaman “Settings” handphone, setelah itu cari pengaturan dengan title Accounts, lalu pilih “Google”.
  • Pada halaman Account, pilih akun google anda yang biasanya ditandai dengan sebuah alamat gmail.
  • Berikutnya hilangkan centang setting dari pengaturan seperti “Sync Google+ Photos” dan “Sync Picasa Web albums”.
Catatan : Google+ dan Picasa Web Album adalah produk turunan yang sama, jika foto atau video di upload pada halaman Picasa, maka juga akan tersimpan serta dapat dilihat di Google+ dan begitupun sebalinknya. Maka dari itu sinkronisasi Picasa Web albums juga harus di nonaktifkan.

Sampai tahap ini, foto maupun video yang ada di Gallery handphone Android sudah tidak akan lagi terupload otomatis, namun demikian setting ini belum menghapus semua file yang telah terlanjur terupload sebelumnya ( yaitu sebelum auto backup berhasil dimatikan). Jadi untuk menghapus semua foto dan video yang sudah terlanjur terupload silahkan lanjut ke langkah dibawah ini.

Langkah 2 - Menghapus Video dan Foto Auto Backup Gallery Album Picasa

1. Buka Aplikasi Google+ , setelah masuk Dashboard , pilih Photos , lalu pilih Auto Backup dengan cara ketik di kotak pencarian dengan kata #AutoBackup. Atau lebih cepatnya dengan pergi ke halaman https://plus.google.com/photos/search/%23AutoBackup di web browser handphone lalu buka menggunakan aplikasi Google+

cara menghapus auto backup gallery picasa2

2. Hapus semua Foto dan video tersebut. Kamu bisa cek jumlah fotonya pasti sama dengan yang ada di hp atau tablet kalian.

3. Pilih "Delete Photos" . OK

4. Agar foto kamu benar-benar terhapus, masuk lagi ke halaman  https://plus.google.com/photos/trash. Lalu hapus semua foto yang ada disitu. Trash adalah fitur Photos di Akun Google+ yang dijadikan tempat sampah dari semua foto serta video.

Bagi anda yang pernah menghubungkan handphone dengan Picasa Web Albums, mungkin masih akan melihat beberapa folder dan foto picasa tersebut di Gallery Album. Untuk menghilangkannya cukup melakukan clear data Gallery dengan langkah-langkah seperti berikut ini.
  1. Masuk ke “Settings” handphone, pilih “Application manager” arahkan ke tab “All” lalu cari dan pilih “Gallery”.
  2. Berikutnya pilih “Clear data” atau Clear Memory.
Catatan : Menghapus data pada aplikasi Gallery tidak akan membuat foto dan video yang diambil dari kameramu itu hilang atau terhapus. Semua file masih akan tetap ada dan tersimpan di Memori Internal dan Eksternal ( SD Card ).

Demikian artikel tentang Cara Menghapus Auto Backup Gallery Picasa dan mematikan sinkronisasi akun google+ di Android, semoga bisa menjadi panduan anda.


Blog, Updated at: Saturday, September 20, 2014

1 komentar:

  1. Thanks guys . . .Sangat berguna.
    Sudah saya coba dan berhasil. .
    Good Tutorial. . .

    ReplyDelete

Silahkan Untuk Teman-teman yang ingin berkomentar. Ditunggu :)

Search This Blog

Artikel Terbaru

Popular Posts

Translate

Pengikut

Powered by Blogger.