15 Kiat Menghemat Baterai di Ponsel Android

Posted by

diandroids.blogspot.com - Memiliki sebuah ponsel Android dengan spesifikasi tinggi dan fitur aplikasi yang banyak memang menyenangkan. Terlebih jika anda seorang gadgeters yang cinta menggunakan aplikasi terbaik dan populer di kalangan masyarakat. Tetapi, dengan memainkan beragam jenis aplikasi secara bersamaan maka akan membuat baterai cepat habis. Bagaimana kiat-kiat untuk menghemat baterai di ponsel android ? Secara sederhana, saya akan mengulas lebih detail tentang permasalahan utama yang sering terjadi ini khususnya pengguna smartphone Android.

kiat menghemat baterai di ponsel android

Baterai yang sudah habis pada umumnya bukanlah masalah serius apabila kamu membawa charger dan tersedia colokkan listrik sebagai sumber daya listrik. Namun apa jadinya jika anda sedang diluar rumah dan tidak membawa charger dapat ditaksir kamu akan membawa powerbank untuk energi pengisi daya baterai cadangan kan? Lalu kenyataanya, Itu semua tidak cukup sebanding dengan jumlah waktu yang harus anda keluarkan untuk mengecas baterai di ponsel androidmu, bisa jadi pekerjaan anda terkendala. Baca Tips dan Panduan sederhana menggunakan gadget Android.

Solusi terbaik bagi anda adalah dengan cara menghemat baterai pada hp android secara rutin dan flexsible. Perlu diingat, dengan menginstall aplikasi untuk menghemat baterai itu tidak akan memperbaiki keadaan tentang energi yang kosong pada smartphone kamu, sebaiknya ikuti beberapa kiat ampuh untuk menghemat baterai 100% bekerja.

15 Kiat Menghemat Baterai di Ponsel Android :

1. Cek Kemampuan dan Ketahanan Baterai Pada Ponsel Android

Tidak bisa dipungkiri banyak pengguna yang lupa akan spesifikasi baterai yang ada pada HH Androidnya. Padahal kamu wajib untuk mengetahui pengetahuan akan kemampuan dan ketahanan baterai hanya dengan melihat spesifikasi tipe ponsel android kamu. Contohnya saya sendiri menggunakan smartphone Sony Xperia Z ultra yang memiliki layar 6.4 inch yang berarti "layar besar tentu membutuhkan tenaga besar pula." begitu pepatahnya.

Sony Xperia Z ultra apabila di review menggunakan Non-removable Li-Ion 3050 mAh battery
dilengkapi kemampuan waktu
  • Stand-by  Up to 790 hours (2G) / Up to 820 hours (3G)
  • Talk time  Up to 14 h (2G) / Up to 16 h (3G)
  • Music play   Up to 120 h
Sudah sangat jelas bahwa smartphone tangguh ini memiliki daya yang besar yaitu mencapai 3050 mAh. Maka kamu jangan membandingkan daya tahan baterai hidup semua tipe ponsel Android adalah sama melainkan berbeda-beda.

Untuk menghemat baterai bisa dilakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi berjalan, tetapi jangan sampai aplikasi yang anda matikan adalah aplikasi Sistem, Database atau Kernel. Bukan berfungsi menghemat baterai namun ternyata Android anda harus direstart ulang untuk menggunakannya kembali (Softbrick).
Untuk melihat kondisi baterai, pergi ke bagian Settings, kemudian Pilih About , lanjutkan dengan memilih Battery use
setting baterai sony xperia z ultra

Disana terlihat aplikasi dan device apa saja yang paling banyak memakan energi. Coba cermati, apakah device atau aplikasi yang anda gunakan tersebut memang dibutuhkan atau tidak. Jika memang tidak dibutuhkan, menonaktifkannya adalah hal yang wajib dilakukan untuk penghematan battery.

2. Gunakan Charger Asli dan Cek Kerusakan pada charger

Setiap charger memiliki jumlah daya input output yang berbeda. Hal ini menuntut pengguna untuk menggunakan produk asli bukan yang charger universal, mengapa? Ya, karena apabila kamu mengecas dengan yang universal secara otomatis akan terjadi gelembung baterai dan memuainya energi baterai. Segera cek kerusakan charger anda secara berkala dan baca Tips Mengatasi Charger Handphone yang Rusak terlebih dahulu sebagai petunjuk.

3. Meminimalkan Waktu pada Screen Time Out

Pengaturan default apabila ponsel Android kamu tidak disentuh atau tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu maka secara otomatis layar akan terkunci dan cahaya mati. Pemilik handphone bisa memilih batasan waktu untuk kecepatan redup layar yaitu 10 detik, 15 detik, 30 detik, 1 menit, 2 menit, 5 menit, 10 menit, 1 jam, dan Never timeout. Caranya silahkan pergi ke bagian Settings / Pengaturan,Kemudian pilih Display dan selanjutnya pilih Screen Time Out.

4. Minimalkan Konfigurasi Display Android

Tanpa diragukan lagi, dengan memberi sedikit nilai dari brightness screen di android maka akan mengurangi energi baterai yang dikeluarkan. Semakin terang layar anda maka baterai akan boros dan semakin gelap maka lebih awet juga tahan lama.

5. Nonaktifkan Wifi, Bluetooth, dan GPS

Jika sudah tidak lagi digunakan, silahkan matikan fitur-fitur seperti Wifi, Bluetooth, dan GPS untuk mengurangi tingkat kinerja processor anda. Jika anda menggunakan SIM Card sebagai koneksi utama, menonaktifkan baterai adalah pilihan yang baik dan tentunya akan lebih menghemat baterai. Caranya, pergi ke Settings, Wireless and Networks kemudian nonaktifkan Wi-Fi. Untuk mematikan bluetooth dan gps bisa diatur pada menu atas di homescreen dengan cara menyentuh icon masing-masing fitur.

6. Nonaktifkan aplikasi yang menggunakan Sinkronisasi Otomatis

Ketika menggunakan ponsel android tentu kamu harus mendaftarkan akun gmail untuk alasan keamanan dan sinkronisasi. Beberapa aplikasi android memang membutuhkan akun gmail, facebook. atau twitter sebagai identifier untuk melakukan akses login. Tapi dengan cara tersebut baterai anda akan terserap secara perlahan dan kehilangan daya dengan cepat bila sudah terhubung.

7. Nonaktifkan fitur Sinkronisasi GPS

8. Gunakan Task Manager Untuk Melihat Aplikasi Yang Berjalan & Matikan Aplikasi Yang Tak Terpakai

9. Jangan menggunakan Widget pada Home Screen

10. Gunakan Wallpaper dengan tema background berwarna hitam

Pada ponsel Android yang saya gunakan, semakin kita menggunakan wallpaper dengan banyak warna seperti pelangi, colorfull, atau seperti tema Android Lollipop maka akan menimbulkan efek penghabisan baterai karena memanfaatkan HD Watch, Full HD Smartphone. Solusinya carilah warna default yang diberikan oleh sistem Android itu sendiri yaitu Hitam. Hitam adalah warna dasar elemen Android Kitkat juga Lollipop.

11. Gunakan Power Control Widgets dan Cleaner

12. Greenify - Aplikasi penghemat Baterai di Ponsel Android dengan cara mematikan service yang berjalan di background

Dengan mematikan beberapa service yang tidak digunakan maka kita perlu mendownload aplikasi Greenify, sayangnya hp anda harus dalam kondisi sudah "ROOT" . Unduh Greenify Pro.apk

13. Setting Kecepatan Processor dan Maksimalkan Performa Android anda

Gunakan aplikasi ROM Toolbox yang berfungsi untuk mengelola kinerja sistem secara menyeluruh dan kamu bisa menghemat baterai hingga 15%. Download disini.

14. Matikan Vibrate, Kecilkan Volume Ringtone, SMS, Notification, Telpon masuk, dll.

Dengan tidak menggunakan efek getar maka secara otomatis sistem tidak perlu kernel menghidupkan hardware untuk berdengung dan juga minimalkan suara dering. Hal ini akan sangat efektif sekali untuk cara menghemat baterai di ponsel android.

15. Pilih koneksi 3G GSM only

Masih banyak lagi kiat dan tips untuk opsi penghematan baterai di ponsel android. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan mengganti baterai baru atau membeli smartphone yang baru. hahahja just kid >.< Jika berkenan silahkan share dan beri tanda plus Google ya artikel ini. Demikian panduan sederhana tentang 15 kiat menghemat baterai di ponsel android semoga dapat bermanfaat.


Blog, Updated at: Tuesday, October 28, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Untuk Teman-teman yang ingin berkomentar. Ditunggu :)

Search This Blog

Artikel Terbaru

Popular Posts

Translate

Pengikut

Powered by Blogger.