Tips Root dengan Mudah dan Memperbaiki Soft Brick

Posted by

Tentu anda pernah kan mendengar istilah Root, SoftBrick, dan Hardbrick. Root artinya mendapatkan akses utama sistem di handphone Android kita, lalu Soft brick adalah kerusakan yang terjadi pada software smartphone, sedangkan Hard Brick atau dikenal dengan nama "Mati Total" adalah kerusakan yang terjadi pada Hard Ware ( Perangkat Fisik / Keras ). Dalam pagi yang cerah ini, Diandroids akan dengan mudah memberikan tips dan trick yang tentu dapat menjadi referensi bagi anda yang suka otak atik hp android. Artikel Tips Root dengan Mudah dan Memperbaiki Soft Brick ini diharapkan bisa menjadi acuan anda untuk mengenal perangkat smartphone berbasis sistem operasi Android lebih dalam sehingga tidak hanya sebagai pengguna, kamu juga bisa servis / memperbaiki setiap masalah, error, dan kerusakan yang terjadi.

tips root dengan mudah
Dalam hal ngeroot smartphone, banyak sekali keuntungan yang didapat tapi juga ada resiko yang harus diambil yaitu kehilangan Garansi dan beberapa fitur jadi kurang maksimal jika kita salah dalam melangkah. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti terlebih dahulu bahan ulasan berikut ini :

1. ANDROID - Root Android dengan Cara Instan dan Mudah

Sebelumnya saya ingin bertanya kepada anda, Apakah anda pernah mendengar istilah Geohot ? Ia adalah hacker muda yang menciptakan aplikasi jailbreak untuk iOS dan Playstation 3 (PS3). Kini ia terjun ke dunia mobile, khususnya Android dengan menciptakan aplikasi root bernama Towelroot. Seperti yang diketahui oleh para developer dunia, aplikasi Towelroot bisa digunakan untuk berbagai jenis hp android.

Aplikasi dengan nama yang cukup ini mampu melakukan root secara otomatis dan cepat. Geohot mengklaim Tewolroot bisa digunakan untuk melakukan proses root pada smartphone Android yang dirilis sebelum tanggal 3 Juni 2014. Sedangkan sisanya beberapa hp yang baru dirilis setelah tanggal 3 Juni maka tidak semuanya bekerja dan berhasil di-root. Untuk itu anda perlu bersabar untuk menunggu versi terbaru dari aplikasi Towelroot ini. Bagi kamu yang ingin langsung mencoba mari langsung root dengan mudah dengan menuju ke halaman www.towelroot.com .

aplikasi root dengan towelroot

Silahkan kamu klik, lambang berbentuk huruf Y terbalik seperti pada gambar untuk mendownloadnya. Setelah kamu install, silahkan jalankan aplikasinya dengan hanya menekan tombol " make it ra1n " untuk memulai proses root. Proses root tak akan memakan waktu yang lama, hanya sekitar 1 sampai 3 menit saja. Pada towelroot versi terbaru , proses root bahkan tak memerlukan tahap reboot atau restart ulang setelah root selesai.

Perlu diingat : Untuk proses root ini, Towelroot terkadang tidak berfungsi pada smartphone yang Bootloadernya masih terkunci. Silahkan unlock bootloader anda.
 Setelah proses root selesai, download aplikasi tambahan Root Checker dari Google Play untuk memastikan bahwa perangkat anda benar-benar memiliki Root sepenuhnya. Mudah bukan tips root ini ? yup, semoga bermanfaat.

2 ANDROID - Memperbaiki Android Soft Brick

Softbrick pada smartphone android sudah cukup sering terjadi dan biasanya pengguna hanya mengandalkan Garansi lalu mengklaim kepada Customer Service vendor merk handphone mereka dan meminta di-servis. Sebetulnya, banyak hal yang menyebabkan sebuah ponsel terkena Softbrick. Penyebab paling banyak adalah kesalahan saat melakukan Upgrade sistem operasi atau saat melakukan flash ROM. Pertama-tama, anda perlu mengetahui dulu gejala soft brick seperti apa agar handphone kamu masih bisa diperbaiki dengan tahapan awal.

memperbaiki softbrick android

Perangkat yang terkena Soft Brick biasanya masih menyala teruta di bagian LCD, namun tidak bisa boot atau bootloop. Jika layar smartphone kamu tidak dapat menyala, paling tidak smartphone masih dapat merespon dengan bergetar atau lampu LCD menyala sebentar. Jika smartphone tidak bisa menyala sama sekali bisa dipastikan hp kamu terkena Hard Brick atau mati total.

Jika smartphone masih dapat menyala namun masih bootloop atau tidak bisa masuk booting, maka sebaiknya kamu masuk kedalam menu Recovery Mode. Anda bisa menekan kombinasi tombol Volume Up, Volume Down, dan Tombol Power secara bersamaan ketika smartphone dalam keadaan mati. Kamu juga bisa menekan tombol kombinasi Volume Up / Volume Down , Tombol Home , dan Tombol Power ini tergantung merk dan jenis smartphone yang digunakan. Tekan ketiga tombol secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode, contoh gambarnya ada di paling atas artikel gambar disini.

Cara Memperbaiki Soft Brick :
  1. Setelah masuk ke menu Recovery Mode, selanjutnya kamu pilih menu Wipe Cache -> Wipe Data dan Factory Reset.
  2. Untuk memilih opsi tersebut, tekan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menaikan dan menurunkan pilihan yang kamu inginkan.
  3. Cara ini bertujuan untuk menghapus seluruh data dalam smartphone dan mengembalikan smartphone ke keadaan seperti baru.
  4. Lalu, pilih opsi Reboot dan tunggu hingga proses selesai.
Jika cara diatas tidak berhasil, kamu bisa mengambil langkah selanjutnya yakni dengan menginstall ROM asli sesuai dengan merk dan jenis perangkat. Anda bisa mendownload ROM di forum terpercaya yang biasanya juga disertakan petunjuk dan cara install ROM-nya. Forum terpercaya adalah XDA-Developers atau bisa menghubungi contact service produsen merk hp anda seperti Samsung, Sony, Oppo, HTC, LG, Lenovo dan lainnya.


Blog, Updated at: Sunday, December 21, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Untuk Teman-teman yang ingin berkomentar. Ditunggu :)

Search This Blog

Artikel Terbaru

Popular Posts

Translate

Pengikut

Powered by Blogger.