Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat / Lemot dan Suka Heng

Posted by

Semakin hari, perkembangan ponsel Android kian begitu cepat seiring sedang populernya hp android dengan sistem operasi robot hijau tersebut. Ada banyak sekali ragam, tipe, dan jenis ponsel android dari berbagai produsen ternama seperti Samsung, Sony, Apple, LG, etc. Setiap hp android yang beredar memiliki spesifikasi dan harga tertentu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun masalah yang sering terjadi dan ditanyakan adalah bagaimana cara mempercepat hp android yang lambat, lemot, dan suka heng ? Atas dasar tersebut, diandroids akan memberikan Tips Mengatasi Ponsel Android yang Lambat / Lemot , dan Suka Heng disini.

cara mengatasi hp android yang lambat lemot suka heng

Sebagai pengguna ponsel android tentu kita pernah merasakan kejadian heng, hp lemot, atau pun lambat lag serta error, hal-hal ini biasa terjadi pada ponsel android dengan harga yang murah atau masih menggunakan OS Android yang rendah. Beberapa hal yang sering terjadi yaitu pada saat booting RAM android lama memproses, ketika membuka aplikasi BBM heng, ketika browsing suka lemot, dan ngeleg, saat bermain game tiba tiba restart sendiri, lagi membuka aplikasi tiba tiba eror dan program terpaksa ditutup.

Masalah tersebut tentu membuat kita sedikit kesal dan tidak berdaya namun ini tidak berlaku bagi hp android premium yang sudah mempunyai spesifikasi tinggi. Bagi Anda pengguna Smartphone Android yang pernah mengalami masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot agar perangkat Anda bisa bekerja lebih baik.

Artikel lain: Tips Root dengan Mudah dan Memperbaiki Soft Brick

1. Rutin Hapus Cache Pada Memori Internal

Mungkin bagi sebagian orang banyak yang tidak mengetahui istilah cache dalam ponsel android. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di hp kita ini akan terus bertambah seiring dengan banyaknya jumlah pemakaian setiap aplikasi, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan menginstal dan menerapkan Aplikasi Cleaner Terbaik Untuk Mempercepat Ponsel Android di perangkat Anda.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan akan menurunkan performa kecepatan sebuah RAM, tentu ini akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Itulah sebabnya sangat disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Cara Mempercepat Kinerja HP Android dengan CCleaner untuk membersihkan aplikasi yang berjalan secara bersamaan bisa kamu ikuti juga.

Banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore banyak aplikasi di smartphone mereka secara bersamaan dan tidak sadar bahwa kegiatan tersebut membuat perangkat mereka menjadi lambat. Jika Anda memang suka bermain-main dengan beragam aplikasi di Android, maka sebaiknya Anda membukanya satu per satu saja. Tutup salah satu aplikasi jika ingin membuka aplikasi lainnya untuk mencegah perangkat Anda melambat.

3. Instal Aplikasi di Memori External / Kosongkan memori internal agar tidak penuh

Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android.

Nah, untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal yang ditambahkan pada Smartphone Android. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya.

4.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa menutup atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

5. Rutin Update Sistem Firmware

Dalam setiap sistem HP Android tentu tidak selalu sempurna, tentu saja selalu ada Bug yang menjadi titik kelemahan ponsel android. Bug itu bisa ditangulangi dengan cara mengupdate Firmware secara rutin. Contohnya ketika ada pemberitahun untuk mengupdate sistem android ke OS Kitkat / Jelly Bean bahkan Lollipop anda perlu melakukan Upgrade agar senantiasa ponsel android menjadi lebih segar, aman, dan nyaman untuk digunakan. Dengan rutin melkukan update firmware, kinerja ponsel anda akan semakin meningkat cepat.

6. Restart HP Android

Frustasi sudah pasti jika ketika kita akan menjalankan aplikasi di HP android tiba-tiba ponsel menjadi macet atau timbul Lag bahkan hingga menyebabkan restart otomatis. Kalau sudah demikian cara yang paling ampuh adalah menekan tombol restart secara lama sampai ponsel benar-benar mati, kemudian hidupkan kembali, lalu tutup semua aplikasi yang masih berjalan di background proses. Maka akan kembali normal lagi.

7. Jangan Menggunakan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya. Anda boleh saja mengaktifkan fitur auto rotate jika memang sering memerlukannya. Namun, jika fitur ini memang tidak terlalu Anda butuhkan maka ada baiknya dinonaktifkan saja untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

8. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

9. Gunakanlah MicroSD

MicroSD biasa kita sebut juga dengan kartu memory. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega bagi perangkat pintar Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

10. Batasi jumlah SMS yang Tersimpan

Banyak sekali pengguna smartphone yang meremehkan tumpukan sms di dalam inbox ataupun outbox mereka, semua sms ini memakan memori ponsel Anda. Jika dibiarkan terlalu banyak maka smartphone Anda akan menjadi lambat, bukan smartphone lagi dong namanya kalau kinerjanya sudah lambat. Karena itu, biasakan untuk menghapus sms lama yang sudah tidak diperlukan lagi secara berkala.

Baca juga: Aplikasi Android Terbaik dan Terpopuler di Playstore

Tips dan trick diatas adalah 10 Tips mengatasi ponsel Android yang lambat / lemot, dan suka heng. Bagi teman-teman yang punya tips lain untuk mempercepat loading perangkat Android, silahkan berbagi melalui halaman komentar di bawah ini ya sobat. Terimakasih :)


Blog, Updated at: Sunday, February 15, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Untuk Teman-teman yang ingin berkomentar. Ditunggu :)

Search This Blog

Artikel Terbaru

Popular Posts

Translate

Pengikut

Powered by Blogger.